DESA WISATA TENUN SAMBAS.



berlibur atau menikmati keindahan alam memang sebuah kepuasan tersendiri apa lagi di daerah kita mempunyai lokasi wisata yang menarik, tentu menjadi kebanggaan tersendiri buat kita maupun orang banyak bukan . pada kesempatan ini backpacker_sambas akan mencerita wisata yang ada di daerah sambas mau tau wisata apa itu mungkin kawan-kawan semua tau jenis kain tetapi kawan-kawan tidak banyak tau tentang wisata kain yang ada di daerah sambas . kain ini bahkan sudah dikenal tingkat nasional bahkan tinkat dunia lo kawan-kawan yuk lansung aja kita kepembahasannya 

sambas adalah salah satu kabupaten terpadat yang berada di ujung borneo, sambas berbatasan langsung dengan negara luar yaitu malaysia sambas dijuluki dengan seraambimekah. topik kita bkan menceritakan biografikota sambas tetapi kita membahas wisata kian yang ada di sambas , kain yang saya maksud ini adalah kain tenun atau disebut juga kain benang emas dimana lokasi pembuatan kain ini ?. pembuatakain tenun ini berlokasi di pedesaan lo kawan-kawan di desa sumberharapan atau dikenal dengan desa sembarang yang tidak jauh dari sambas .
desa sumber harapan sudah memula bertenun sudah lama yang ilaku turun temurun dari nenek moyang terdahlu. ibu-ibu  disana banyak menghabiskan waktu siangnya untuk menenun kain bahkan disetiap kediaman warga disana semua mempunyai peralatan tenun bahkan sampai sekarang rutinitas didesa sumber hapan untuk menenun kain benang emas itu.

kenapa desa sumber harapan di juluki dengan sebutan desa wisata ? karena lokasi yang ada didesa ini sangat strategs untuk dijadikan desa wisata baik wisata tenun atau juga wisata alam. dan ada keunikannya desa sumber harap dengan desa-desa yang lain untuk desa sumber haran dia langsung berada ditepian sungai sambas besar, dan uniknya lagi didesa ini jalan untuk menuju rumah-kerumah yang lain masih menggunak jemban yang dibuat dari kayu uling atau kayu belian yang sangat keras.
banyak kain tenun yang dipoduksi di desa wisata ini :

1. kain benang emas

  pada jaman dahulu masyarakat sambas setiap melakukan acara besar selalu menggunakan kain ini, karena ini adalah kain yang terbilng sangat indah dan bagus hanya orang-orang tertetu bisa memiliki kain jenis ini dan seiring berjalannya waktu kain benang emas ini sudah sangat banyak diminati oleh kaua muda sampai saa sekarang dan harganya juga terbilang murah dan banyak motifnya juga dan bahan yang diguna juga tidak lagi menggunakan benar yang biasanya digunakan dan para pengrajin menggunakan bahan benang yng didatangkan dari inda,cina dan sebagianya tapi ketahanan kain ini tidak seperti yang aslinya kalau yang ini cepat pudar dan harganya relatf muah cuman 200 ribu saja.

sampai sekarang banyak para wisatawan dari luar sambas bertandang ke desa wisata ini untuk melihat langsung cara pembuatan kain tenun ini. hanya saja kurangnya peratian dari pihak terkait untuk pengemngan desa wisata ini orang banyak mengenal kain tenun sambas tetapi masyarkat tidak tau dimana titik lokasi pembtannya, dari segi inprastrukturnya juga kurang memadai alangkah baiknya pemerintah daerah membuat sanggar untuk pelatihan menenun dan memanfaatan SDM yang ada untuk bergelutdi bidang tenun agar kain tenun sambas ini tidakpunah dimakan jaman semangkin majunya teknologi bukan semangkin membuat masyat paham tapi hanya membuat lupa akan nilai potensi yang ada di drah kita ini.


sambas 18-7-2019


Comments

Popular posts from this blog

TIGA LOKASI WISATA MENARIK DI SAMBAS YANG PANTAS KALIAN NIKMATI

PRAT 1# PERJALANAN 6 SAHABAT RIAM TERINTING, SERIMBU KABUPATEN LANDAK